Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Trail

Selasa, 12 Februari 2013

Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Trail - Ide gila dalam dunia modifikasi motor memang tak jarang menghasilkan kreatifitas yang luar biasa. Seperti pada Modifikasi Suzuki Satria FU Trail atau Suzuki Satria FU modifikasi Trail, motor yang identik dengan motor petualangan yang extreme. Pada permulaan sang pemilik ingin menjadikan Suzuki Satria FU150 dengan spesial engine. Supaya Suzuki Satria FU150 lansiran 2007 menjadi sebuah motor dual purpose tangguh. Tujuannya tak hanya untuk gaya-gayaan belaka. Namun berkelana meninjau proyek. Makanya Ndok panggilan Yohanes, tak hanya datang dengan membawa FU-nya, namun menggotong 1 unit sasis special engine Yamaha YZF 250 yang juga lansiran 2007, berikut peranti bodinya. 

Modifikasi Satria FU Trail - Termasuk sokbreker depan-belakang. Intinya dia mengawinkan sasis serta peranti bodi YZF namun enginenya pakai FU. potong Erik selaku jubir Ndok. Modifikator yang juga suami Marcella tersebut segera melakukan pengukuran pada sasis motor trail itu. Kesulitan yang ditemukannya adalah sasis asli YZF 250 sempit. Padahal engine FU lumayan gede. Artinya bila dipaksakan akan mentok silinder head. Solusinya sasis perlu dimodifikasi dulu. “Untuk bagian depan, downtube dipotong. Lalu diganti dengan rancangan tulang baru dari pipa besi bulat ukurannya ¾ dim, ke bawah. Sedangkan dudukan mesin atas, pada sasis bawah tangki ditambahkan pelat 4 mm. Sistemnya pakai mur baut,” papar ayah 2 anak itu. Untuk itu mari kita lihat koleksi Gambar Modifikasi Motor Suzuki Satria FU 150 Trail Terbaru 2013, dibawah ini.




Dudukan mesin baru yang dicat hitam tersebut juga dibuat ampuh. Yakni ditambahkan pelat bordes tebal pada bagian bawah. Tujuannya melindungi bagian bawah mesin dari terpaan kerikil ketika motor itu dibuat berkelana ke proyek.


Oh ya engine Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Trail yang dibekali oil cooler membuat Erik menambahkan pula dudukan baru untuk peranti pendingin oli mesin itu. Posisinya disebelah kiri atas. Posisi itu diklaim aman, lagi-lagi untuk menghindari terpaan kerikil atau batu yang kadang nongol ketika Ndok ngacir ke proyek. 

“Juga agar sip kena terpaan angin bro, adem deh,” senyum modifikator yang bermarkas di Jl. J.C. Ovang Orray nomor 5, Baning, Sintang (depan penginapan Cika), Kalimantan Barat.

Hampir lupa, ban dan pelek malah enggak pakai ukuran 21 inci untuk depan dan 18 inci belakang. Namun mengaplikasi ukuran 17 inci. Alasannya simpel, kalau bocor ketika berkelanana enggak ribet beli ban dalamnya. Gitu ya, Bro? (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 100/80-17,
Ban belakang: Swallow 120/70-17
Pelek depan: AHRS 2,50x17
Pelek belakang: AHRS 3,00x17
Teromol depan: Variasi
Teromol belakang: KLX
Karburator: Mikuni Sudco 28
Modifikator mesin: Andy Racing
69 Concept: 0815-78679-669