Yamaha R15 Turbocharger, Segera Mengaspal?

Selasa, 30 April 2013

Persaingan motor sport makin panas, berbagai model dan penerapan tekhnologi terbaru terus dikembangkan. Dan pesaing Honda yaitu Yamaha terus mengembangkan produk motor sport. Kabarnya Yamaha tengah mengembangkan motor sport R15 memakai turbocharger. Tidak hanya gagah, kontribusi turbonya tentu membuat mesinnya semakin bertenaga.

Kabar kehadiran Yamaha R15 turbocharger tentu saja cukup mengejutkan dunia otomotif roda dua, di mana masih sangat jarang produsen motor mengembangkan motor pabrikan yang dilengkapi turbocharger kit.

Dilansir motorbeam, Selasa (30/4/2013) Yamaha India akan bekerja sama dengan Red Rooster Performance. 



Perusahaan tersebut akan menyediakan turbocharger kit untuk motor tersebut, baik itu Yamaha R15 1.0 atau model terbaru Yamaha R15 2.0 di pasar motor India.

Alasan menggaet Yamaha Red Rooster Performance karena rumah modifikasi tersebut sangat 'gapek' menyediakan turbocharger untuk kendaraan khususnya roda empat. Penambahan turbocharged pada Yamaha R15 tentu akan diikuti perubahan komponen lainnya.

Sebut saja jaringan knalpot yang diperbaruhi untuk meningkatkan kinerja pembuangan, sehingga tenaga yang dilontarkanpun semakin optimal.

Sayang baik Yamaha dan Red Rooster Performance belum berani merinci data tenaga baru yang akan dilontarkan berkat perangkat tersebut. Namun beberapa spekulasi menyebutkan dengan komponen tersebut, mesin kapasitas 149.8cc yang dimiliki Yamaha R15 bakal naik menjadi 22 bhp dari sebelumnya hanya 16,7 bhp.

Hasil tersebut memungkinkan Yamaha R15 berakselerasi 0-100 km/jam dalam hitungan 9 detik.