Vespa 150 Super 1966

Jumat, 22 Juni 2012

Vespa 150 Super 1966. Selain dari pada itu Vespa Super dapat dikatakan varian yang secara fisik kaya akan model dibandingkan dengan varian lainnya. Paling tidak hal inilah yang sering kita temui di negeri tercinta ini. Vespa Super merupakan jenis skuter yang cukup populis di negeri tercinta ini. Penggunaan dua jenis mesin yang berbeda cc dalam sebuah varian Vespa sepertinya sudah menjadi tradisi Piaggio (diera 60’an ada VNB 125cc dan VBB 150cc). Dimana hal tersebut juga diterapkan pada varian Vespa Super yang keduanya dibedakan oleh jajaran huruf-huruf awal yang terpatri di mesin dan body.


Untuk 125cc awalan yang digunakan adalah VNC1 dengan nomor body dari VNC1T 1001 sampai dengan VNC1T 025146, sedangkan pada 150cc adalah VBC1 dengan nomor body dari VBC1T 1001 sampai dengan VBC1T 554808. Sementara itu dalam penggunaan mesin, Vespa Super 125cc identik dengan yang telah ditanamkan pada Vespa 125cc serie VNB6M dan 150cc identik dengan Vespa 150cc serie VBB2M.
      
Sampai disini kemudian pertanyaannya adalah apa sih…bar’ yang menjadikan varian Vespa Super itu berbeda dengan yang lainnya…?, apa sih…no’ yang bikin Vespa Super istimewa…?.
      
Pada prinsipnya semua varian Vespa adalah berbeda dan istimewa, berkelas atau tidaknya sebuah Vespa tersebut hanya primitive ego dari pemiliknya saja dan ini sangat manusiawi. Yang pasti Piaggio tidak pernah membuat skuter asal-asalan apalagi ngawur, sehingga akan menjadikan produknya tidak berkelas, basi serta tidak istimewa. 

Vespa Super pada awalnya dirancang dengan menggunakan system pencampuran antara oli dan bensin dengan tanki terpisah (Automatic Fuelmix). Automatic Fuelmix System ini merupakan pertama kali di dunia yang dicoba untuk diterapkan oleh Piaggio terhadap produksi skuternya. Ternyata pada kenyataannya struktur sasis maupun body Vespa Super tidak cukup memadai untuk penempatan dua buah tanki (tanki bensin dan tanki oli) tersebut (Eric Brockway 1993…), dan rancangan automatic fuelmix system ini baru dapat diterapkan pada varian Vespa berikutnya.
      
Dari sisi ini terlihat jelas bahwa Vespa Super merupakan media awal terhadap otomatisasi pertama kali di dunia yang dibuat oleh Piaggio dalam bidang pemisahan antara bahan bakar dengan oli campur sebelum yang benar-benar sempurna tercipta. Inovasi ini secara implementatif tehnis dapat dilihat pada Vespa PX.

Generasi I dari Vespa Super ini biasa disebut
sebagai Vespa Super 66. Perbedaan yang paling mencolok mata dengan Vespa Super generasi berikutnya ada di bentuk piaggio badge (P/) yang masih terpengaruh oleh model tahun 60?an. Super 66 dibuat dengan 2 jenis mesin 125cc dan 150cc. Namun secara tampilan fisik keduanya tidak ada bedanya.